Tuesday, May 18, 2010

Tips Cara Belajar Yang Baik

Sebagai seorang pelajar yang baik belajar adalah suatu hal yang wajib dijalankan, karena dengan belajar kita bisa mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak pandai menjadi pandai, dari yang tidak tahu menjadi tahu.

Namun karena masalah kesibukan atau kegiatan sehari-hari yang cukup padat kita sering dihadapkan pada masalah “Kapan Waktu Belajar???”. Belum lagi sifat “MALAS” yang selalu saja hinggap pada diri seseorang.

Berikut ini beberapa tips cara belajar yang baik:

1. Tidur yang cukup

Tidurlah sesuai aturan, jangan tidur larut malam karena hal itu tidak baik untuk kesehatan. Selain itu tidur larut malam juga dapat menyebabkan kepala menjadi pusing.

2. Belajar pada pagi hari

Waktu belajar yang baik antara pukul 03.00-05.00, keuntungannya adalah pada jam tersebut suasana masih sunyi dan tenang sehingga kita bisa konsentrasi dalam belajar.

3. Biar sedikit lama-lama menjadi bukit

Konsep tersebut bisa kita terapkan dalam belajar, belajar membutuhkan waktu dan proses sehingga cukup belajar sebentar saja namun rutin.

4. Banyak-banyak membaca

Ini adalah hal yang paling penting, dengan membaca kita mempunyai wawasan yang luas sehingga kita mengatahui banyak hal. Membaca memang membutuhkan perjuangan karena rata-rata orang Indonesia malas membaca. Sama seperti poin nomor 3, cukup membaca sebentar saja namun rutin. Hal ini lebih efektif dibanding jika kita harus membaca karena terpaksa.

Hal-hal diatas dapat diterapkan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Namun tidak semua orang cocok dengan cara tersebut karena pada intinya setiap orang berbeda-beda sehingga mempunyai tipe belajar yang berbeda pula.

Jadi kita harus bisa menilai diri kita sendiri bagaimana cara belajar yang cocok, poin-poin diatas merupakan salah satu tipe belajar yang mungkin cocok dengan Anda.

Intinya, bagaimana tipe belajar Anda???

.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Post a Comment

Voltar Avançar Inicio
 

Topo