Thursday, May 13, 2010

Bahasa Indonesia Sebagai Konsep Ilmiah

Definisi Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia secara nasional dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk melakukan kerja sama atau tujuan antar sesama masyarakat dan untuk mengidentifikasikan diri dalam kehidupan sosial masyarakat.

Fungsi Bahasa Dalam Masyarakat:

1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.

2. Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.

3. Alat untuk mengidentifikasi diri.

Peranan Bahasa:

1.Alat pemersatu bangsa

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tanpa mengenal daerah asal, suku, agama dan ras.

2.Alat komunikasi

Manusia hidup pasti membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya, disini bahasa merupakan alat yang digunakan untuk saling berkomunikasi. Dengan adanya bahasa Indonesia, semua masyarakat bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

3.Penggunaan dalam pendidikan

Bahasa selain untuk pengantar lisan, bisa juga untuk tulisan. Hal ini diimplementasikan dalam dunia pendidikan bangsa Indonesia. Semua pendidikan dijenjang akademis menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Selain itu di jenjang akademis, khususnya perguruan tinggi Bahasa Indonesia digunakan dalam berbagai macam penulisan dengan menggunakan konsep ilmiah.

Bahasa dalam konsep ilmiah merupakan kemampuan bahasa dalam menjadi perantara atau media dalam menuangkan suatu konsep ilmiah. Pada kenyataannya bahasa telah terbukti mampu menjadi mediator penyampaian pesan termasuk dalam menuangkan suatu konsep ilmiah. Dengan bahasa, suatu komunikasi menjadi lebih mudah dilakukan, selain itu komunikasi juga lebih menarik. Bahasa telah berhasil menyampaikan suatu kajian ilmiah menjadi lebih menarik, sehingga manusia terus mempelajari kajian ilmiah tesebut. Dengan ini, suatu konsep ilmiah yang dapat disampaikan oleh suatu bahasa menjadi terus berkembang.

Kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia hendaknya selalu menerapkan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebagai wujud dari kecintaan terhadap tanah air Indonesia...........

.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Post a Comment

Voltar Avançar Inicio
 

Topo