Thursday, May 13, 2010

Contoh-Contoh Paragraf

Tugas 2

Susunlah contoh paragraf yang memperlihatkan pada pengembangan:

a. Generalisasi

b. Analogi

c. Hubungan kausal

Jawaban:

a. Contoh paragraf generalisasi

Setelah hasil menggambar anak-anak kelas 6 diperiksa, ternyata Fery, Denis, dan Hari mendapat nilai 9. Anak-anak yang lain mendapat nilai 8. Hanya Wahyu yang mendapat nilai 7. Tak seorang pun yang mendapat nilai yang mengecewakan. Dapat disimpulkan bahwa anak-anak kelas 6 pandai menggambar.

Keterangan:

Pada kalimat 1 sampai kalimat 4 merupakan kalimat khusus (penjelas) yang menerangkan bahwa nilai anak-anak kelas 6 memuaskan dan kalimat 5 adalah kalimat umum yang merupakan kesimpulan dari kalimat 1 sampai kalimat 4.

b. Contoh paragraf analogi

Jika Anda ingin menjadi pemain basket yang handal, tidak hanya keahlian yang dibutuhkan. Tetapi harus didukung juga oleh kekuatan fisik dan mental. Semua ini diterapkan dalam latihan, latihan yang cukup sangat diperlukan untuk membentuk mental juara.

Begitu juga jika Anda ingin menjadi pemain sepak bola, selain keahlian dibutuhkan juga kekuatan fisik dan mental. Semua ini diperlukan agar Anda dapat menjadi pemain hebat yang disegani lawan Anda.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi pemain basket atau pemain sepak bola dibutuhkan keahlian, kekuatan fisik, dan mental juara.

Keterangan:

Dalam contoh diatas dijelaskan tentang perbandingan dua hal yang berbeda namun memiliki beberapa persamaan.

c. Contoh paragraf hubungan kausal

Saat ini penduduk kota Jakarta sangat padat, banyak bangunan-bangunan yang dibangun secara ilegal terutama di pinggir sungai. Mereka sering sekali membuang sampah ke sungai sehingga menyebabkan aliran sungai menjadi tidak lancar. Hal ini bertambah parah dengan berkurangnya daerah hijau yang berfungsi sebagai daerah resapan air hujan. Akibatnya pada saat musim hujan datang kota Jakarta selalu kebanjiran.

Keterangan:

Pada paragraf diatas bubungan yang terjadi adalah hubungan sebab akibat. Yang menjadi sebab adalah berdirinya bangunan ilegal di pinggir sungai dan berkurangnya daerah resapan air hujan.sehingga berakibat kota Jakarta menjadi banjir.

.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Post a Comment

Voltar Avançar Inicio
 

Topo