Wednesday, December 16, 2009

Tips Supaya Tidak Tegang Ketika Tampil di Depan Umum

Ketika akan tampil di depan umum tentunya kita akan merasakan sesuatu yang berbeda di diri kita, hal itu terjadi karena kita akan menjadi pusat perhatian orang-orang yang hadir pada saat itu. Gugup, tegang, malu, keluar keringat dingin, deg-degkan, was-was, dan lain-lain, campur aduk menjadi satu. Namun hal itu wajar terjadi, jangan mau kalah dengan perasaan seperti itu, kita harus lawan. Kita harus tunjukkan kepada publik bahwa kita bisa, kita memiliki kemampuan yang mungkin tidak semua orang miliki.

Ada beberapa tips dari saya yang dapat Anda terapkan saat tampil di depan publik, yaitu:

1. Berdoalah dalam memulai dan mengakhiri segala kegiatan, termasuk dalam hal ini.

2. Tarik nafas dalam-dalam, tahan beberapa detik, lalu keluarkan, ulangi beberapa kali sampai merasa rileks. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda menjadi tenang.

3. Lakukanlah sedikit pemanasan sebelumnya. Misalnya peregangan tangan, peregangan kaki, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda menjadi rileks dan tidak tegang, otot-otot di tubuh Anda pun ikut merasa rileks.

4. Bawalah suatu benda berukuran kecil yang dapat Anda genggam. Misalnya pulpen, pensil, dan lain-lain. Benda-benda tersebut akan berguna ketika Anda merasa gugup/canggung, pegang erat benda yang Anda bawa, perasaan gugup/canggung dapat teratasi.

5. Kuasailah materi yang akan disampaikan. Jangan sampai kita tidak mengusai materi karena hal ini akan berpengaruh saat kita sedang berbicara.

Saya mendapatkan tips-tips tersebut berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri. Akan terasa sangat senang jika kita dapat menyampaikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Tulisan ini tentu masih terdapat banyak kekurangan, sehingga kritik dan saran dari para pembaca sangat saya harapkan. Demikian tips dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua.

.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Post a Comment

Voltar Avançar Inicio
 

Topo