Thursday, November 5, 2009

analisis jurnal 3

PENGARUH KUALITAS TEKNIK, KUALITAS FUNGSIONAL,

DAN AKTIVITAS PEMASARAN TRADISIONAL TERHADAP

CITRA PERUSAHAAN PT. TELKOM KANTOR DAERAH

TASIKMALAYA

Kartawan, Toto Sugiharto, Sumarna

Pasca Sarjana Univ. Gunadarma

Masalah

1. Citra PT Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Kendatel Tasikmalaya di hadapan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui.

2. Pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional, dan aktifitas pemasaran tradisional terhadap citra PT Telkom Daerah Telekomunikasi Tasikmalaya belum secara jelas diketahui.

Latar Belakang

Baik buruknya citra perusahaan dapat diukur melalui pengalaman konsumen dalam menikmati output dari aktivitas perusahaan. Jika masyarakat merasakan bahwa pengalamannya sangat memuaskan dirinya, maka secara langsung ataupun tidak langsung dia akan memberikan kesan baik kepada perusahaan (Lyfe, 1996). Konsumen akan beralih ke perusahaan lain jika ia merasakan adanya citra buruk dari perusahaan langganannya.

Tujuan Penelitian

1. Mengukur dan menganalisis persepsi konsumsi tentang Citra PT. Telkom

2. Mengukur pengaruh kualitas dari teknikal kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT Telkom Kandatel Tasikmalaya.

Hasil

1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya memiliki citra dalam kategori baik di hadapan pelanggannya.

2. Dimensi-dimensi yang terdapat pada variabel kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional berkorelasi positif dengan

3. Secara serempak variabel kualitas teknik, kualitas fungsional dan pemasaran tradisional berpengaruh nyata terhadap citra perusahaan. Sedang kan secara parsial hanya variabel kualitas teknik dan aktivitas pemasaran tradisional yang berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun secara individu variabel kualitas fungsional tidak berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan, namun ketika dipadukan dengan dua variabel lain-nya, variabel ini memiliki kontribusi dalam meningkatkan citra perusahaan.

METODOLOGI

Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kodya Tasikmalaya, sebanyak 22.475 pelanggan. Ukuran contoh ditentukan dengan menggunakan formulasi sebagai berikut:

Maka persamaan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :

Y = a + bx

Regresi linear dan korelasi

Dalam penelitian ini yang dikaji adalah kualitas teknik, kualitas fungsional, pemasaran tradisional, dan citra perusahaan. Kualitas teknik berkaitan dengan fasilitas dan penampilan fisik dalam melayani konsumen. Variabel ini diukur dengan dimensi: (1) penampilan fisik pegawai, (2) penampilan fisik PT Telkom Tasikmalaya, (3) peralatan yang digunakan perusahaan, (4) fasilitas fisik pelayanan, (5) kenyamanan dan kebersihan, (6) ketersediaan jaringan baru, (7)pengetahuan teknik dari pegawai.

Kualitas fungsional adalah proses pelayanan berupa interaksi antara PT Telkom dan pelanggan. Variabel ini diukur dengan dimensi sebagai berikut: (1)keramahan petugas, (2) kesopanan dan kesabaran petugas, (3) profesionalisme petugas dalam berinteraksi dengan pelanggan, (4) kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan, (5) kemudahan petugas untuk dihubungi bila konsumen mengalami permasalahan.

Pemasaran tradisional merupakan kegiatan berupa promosi dan penetapan tarif. Variabel ini diukur dengan: (1) iklan PT Telkom di televisi, radio, surat kabar, dan majalah, (2) informasi dari mulut ke mulut, (3) kegiatan sosial (seperti memberikan sumbangan), (4) kewajaran tarif abudemen, pasang baru, dan pulsa.

.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Post a Comment

Voltar Avançar Inicio
 

Topo