Monday, November 9, 2009

Safety Riding Itu Penting

Sekarang ini banyak sekali masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi daripada kendaraan umum sebagai alat transportasi, sudah tidak dapat lagi dihitung dengan jari karena mungkin saja sudah mencapai ratusan bahkan ribuan. Jumlah kendaraan tersebut tidak diimbangi dengan lebar jalan, jumlah kendaraan terus saja meningkat sedangkan lebar jalan tidak ada perubahan sehingga sering terjadi kemacetan di ruas jalan tertentu terutama saat pagi dan sore hari. Hal tersebut tentunya menguji kesabaran kita. Jalan macet, capek, ditambah oleh tindakan pengemudi lain yang suka menyerobot, membuat kita kesal sehingga kita menjadi terbawa emosi.

Saya ingin sedikit berkomentar tentang pengendara motor, karena melihat kelakuan pengendara motor yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Saya sering sekali melihat pengendara motor yang bertindak membahayakan dirinya sendiri. Misalnya adalah tidak memakai helm, menyalip zig-zag, ugal-ugalan, tidak menjaga jarak dengan kendaraan lain, dan yang paling parah adalah berkendara sambil sms atau telepon. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan pengendara sepeda motor itu sendiri dan juga orang lain.

Jika terdapat pengendara motor dengan ciri-ciri seperti diatas, perlu dipertanyakan tentang kepemilikan SIM (Surat Izin Mengemudi), jika sudah memiliki SIM apakah pantas bertindak membahayakan? Seharusnya ia mengerti, paham, dan menaati semua peraturan lalu lintas. Seandainya semua pengendara motor mengerti, paham, dan menaati semua peraturan lalu lintas maka risiko kecelakaan terhadap pengendara motor dapat ditekan seminimal mungkin. Aparat keamanan juga seharusnya bertindak tegas jika ada pelanggaran lalu lintas karena hal ini juga demi keamanan si pengemudi itu sendiri.

Saya menghimbau, marilah kita terapkan disiplin dalam berkendara dimanapun berada. Selalu waspada dan berhati-hati adalah kunci utama. Ada pepatah, “Biar pelan yang penting selamat”. Hal itu sangat perlu kita tanamkan dalam diri kita, ingatlah bahwa keluarga menanti di rumah.

Tidak perlu kebut-kebutan, pakailah semua peralatan keselamatan (misalnya helm dan jaket) sesuai fungsinya, sabar, dan taatilah peraturan lalu lintas. Semua itu perlu dilakukan karena SAFETY RIDING ITU PENTING.

.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Post a Comment

Voltar Avançar Inicio
 

Topo