Thursday, November 5, 2009

Segmentasi Pasar Pada Sekolah Dasar (SD)

Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar kedalam kelompok yang lebih homogen. Segmentasi pasar merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh seorang produsen atau penjual, karena berhubungan erat dengan kelangsungan hidup dari usaha yang dijalankan. Perlu memperhatikan elemen-elemen yang ada dalam segmentasi pasar seperti demografis, geografis, psikologis, psikogfafi, sosial budaya, dan lain-lain. Sehingga target dan tujuan pasar akan lebih mudah tercapai.

Dalam penulisan kali ini saya akan mencoba memberi contoh segmentasi pasar berdasarkan Demografis, yang antara lain terdiri dari umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain. Saya akan membahas segmentasi pasar pada Sekolah Dasar (SD) yang meliputi unsur umur, jenis kelamin, dan pendidikan.

Jika kita pergi ke SD terdekat tempat kita tinggal kita pasti menemukan jajanan-jajanan yang memang anak SD gemari seperti es, mainan, cilok, batagor, somay, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentunya sudah dipikrkan oleh para pedagang tentang dagangan apa yang cocok untuk anak SD antara usia 7-12 tahun yang memang sedang senang-senangnya jajan. Selain makanan terdapat juga penjual yang menjual berbagai macam mainan seperti mobil-mobilan dan robot-robotan, namun tidak melupakan untuk yang wanita juga. Terdapat boneka dan banyak jepit rambut yang menarik.

Karena mempunyai uang jajan yang terbatas maka rata-rata jajanan di lingkungan SD adalah jajanan yang murah meriah. Namun biarpun jajanan dengan harga yang murah tapi para pedagang sebaiknya tidak asal menjual. Para pedagang sebaiknya juga memperhatikan faktor keamanan dan kualitas barang dagangannya. Sehingga para konsumen bisa tenang jika membelinya, agar lebih menarik dianjurkan para pedagang juga menjual barang-barang yang mampu merangsang kreatifitas anak-anak tersebut. Atau mungkin bisa juga menjual mainan-mainan tempo dulu dimana mainan tersebut pernah dimainkan oleh orang tua mereka.

Intinya pada segmentasi pasar di lingkungan SD, para konsumen memilih barang-barang yang menarik dan juga murah meriah.
.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Post a Comment

Voltar Avançar Inicio
 

Topo